Senin, 21 Januari 2008

Blue OCEAN Strategy (resume)

”Jangan Ladeni Para Pesaing Buat Mereka Tak Relavan,” merupakan pernyataan provokatif sekaligus sebagai tema pokok buku : BLUE OCEAN STRATEGY (STRATEGI SAMUDRA BIRU). Buku berkerangka perubahan ini menantang perusahaan – besar maupun kecil, pemula maupun papan atas, publik maupun privat, berteknologi tinggi maupun rendah – untuk keluar dari status qou, menciptakan strategi masa depan yang gemilang, dan menerapkan penjauhan diri dari kompetisi dengan biaya rendah. W.Chan Kim dan Renee Mauborgne, sebagai penulis buku ini menekankan akan pentingnya menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, fokus pada pertumbuhan permintaan dan bergerak menjauh dari kompetisi yang ada, serta upaya memaksimalkan kesempatan sekaligus meminimalkan risiko.
Lewat penilitian yang komprehensif selama 15 tahun, Kim dan Mauborgne telah mampu memetakan ”sebuah jalur baru dan berani untuk memenangi masa depan,” sekaligus menjungkalkan pemikiran tradisional tentang strategi. Enam prinsip strategi samudra biru yang diajukan dalam buku ini, dapat digunakan oleh setiap perusahaan untuk merumuskan dan menerapkan strategi samudra biru dengan sukses. Keenam prinsip tersebut menunjukkan cara merekonstruksi batasan-batasan pasar, melampaui permintaan yang ada, menjalankan rangkaian strategis dengan benar mengatasi rintangan organisasional, dan mengintegrasi-kan eksekusi ke dalam strategi.
Konsep-konsep yang ditawarkan oleh Blue Ocen Strategy sangat universal, bisa terjadi di mana saja termasuk di Indonesia. BRI sebagai bagian dari industri perbankan di Indonesia, tentunya harus mulai menyadari untuk melakukan pergeseran paradigma dalam strategi bisnis. Konsep ”persaingan dengan mengalahkan lawan,” telah demikian kental diyakini dan diterapkan oleh segenap insan BRI, seperti kompetisi langsung satu sama lain, bertarung demi keunggulan kompetitif, berebut pangsa pasar, dan berjuang menciptakan diferensiasi demi mengejar pertumbuhan yang langgeng dan menguntungkan.
Meskipun buku ini diperuntukkan bagi pebisnis, manajer perusahaan, perencana strategis, namun dapat pula dipergunakan sebagai referensi / buku pegangan pembelajaran bagi Instruktur Sendik BRI yang mengampu materi yang bertemakan Marketing, Strategi Bisnis, Manajemen Strategi, Leadership, atau materi lain yang relavan sebagai pengayaan.